Nonton Piala Dunia 2010 Versi 3D


TOKYO (SuaraMedia News) - Sony telah mencapai kesepakatan dengan federasi sepak bola internasional FIFA, untuk mendapatkan hak eksklusif merekam dan menghadirkan pertandingan Piala Dunia 2010 dalam format 3D (tiga dimensi).

Sebanyak 25 pertandingan Piala Dunia akan hadir dalam bentuk 3D. Dengan teknologi ini, penonton seolah berada langsung di lapangan hijau dan akan mendapatkan pengalaman lebih seru ketika menonton pertandingan.

Nantinya, penonton diharuskan menggunakan kacamata khusus untuk melihat siaran sepak bola 3D tersebut. Hal ini dikarenakan bayangan dimensi diciptakan dengan mengirim gambar berbeda ke kiri dan kanan mata, meski sebenarnya Sony telah melakukan upgrade yang
menampilkan 3D tanpa kacamata khusus.

Chief Executive Sony Howard Stringer menyatakan antusiasmenya bisa menonton pertandingan sepak bola dalam bentuk 3D.

"Saya rasa hal ini sangat keren. Selama ini, karya 3D sebagian besar merupakan film animasi namun kemudian berangsur berkembang ke dalam genre lain seperti karya 3D 'Avatar' epik fiksi ilmiah yang akan dirilis dalam waktu dekat," kata Stringer seperti dikutip dari Seattle PI, Jumat (4/12/2009).

Stringer kemudian menambahkan, tayangan pertandingan olahraga benar-benar merupakan satu area yang bisa menonjolkan kekuatan format 3D.

Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati tayangan tersebut. Piala Dunia versi 3D yang dihelat di Afrika Selatan ini tidak akan disiarkan untuk televisi di rumah.

Siaran 3D ini hanya bisa disaksikan di booth acara FIFA di Berlin, London, Mexico, Paris, Rio de Janeiro, Roma dan Sydney pada Juni dan Juli 2010. Highlight pertandingan akan ditampilkan di showroom Sony dan versi rekaman video pertandingan format 3D akan di perjualbelikan melalui Sony Pictures.

Sebelumnya, Dalam presentasi terbarunya pada investor baru-baru ini, Sony menyatakan rencana mereka untuk menambah kapabilitas tiga dimensi (3D) di game PlayStation 3 (PS3) melalui update firmware.

"Semua unit PS3 akan di upgrade firmware sehingga memiliki kapsitas 3D yang memuaskan," kata juru bicara Sony, seperti dikutip dari Gizmodo.

Sony menyebutkan langkah ini bertujuan untuk memimpinh pasar game 3D dan ditujukan untuk menawarkan perangkat game 3D spesifik bagi para pengembang yang membuat game pada platform tersebut.

Game 3D pada PS3 nampaknya menjadi salah satu komponen dari strategi penetrasi pasar yang dilakukan oleh Sony. Mereka memanfaatkan teknologi 3D ini tak hanya pada game namun juga untuk produk televisi Blu-ray dan definisi tinggi serta proyektor. Bahkan rencananya, pada 2010 Sony akan menginstal 3.000 proyektor 3D untuk keperluan gedung bioskop.

Sony optimis, perangkat gamenya akan semakin menarik minat konsumen untuk membelinya. Mereka percaya, sentuhan 3D dan Motion Controller pada PS3 bisa meningkatkan keuntungan mereka lebih banyak hingga 2011.

sumber@http://www.suaramedia.com/dunia-teknologi/teknologi/13419-nonton-piala-dunia-2010-versi-3d.html
0 Responses